Jimmy Philip Paat : "Merdeka Belajar" Slogan Yang Tak Kehabisan Daya Tarik

Merdeka Belajar merupakan slogan. Ia tak cukup dijelaskan dalam satu momen, dan beberapa halaman narasi.

Abdullah Taruna

"Tema Persoalan Guru Dalam Merdeka Belajar, bagi saya suatu diskusi yang menarik, " kata Jimmy Philip Paat, Dosen Universitas Negeri Jakarta (UNJ). Jimmy mengatakan, daya tarik topik diskusi itu di antaranya ada pada frasa "Merdeka Belajar".

"Dua kata ini mulai sering muncul di lingkungan guru khususnya bersamaan dengan Pak Nadiem menjadi Menteri Pendidikan, " kata Jimmy menjelaskan tentang pentingnya mendiskusikan Tema Persoalan Guru Dalam Merdeka Belajar.

Sayangnya, kata Jimmy, apa yang terbaca di media-media tersebut terlalu pendek. "Begitu kira-kira komentar beberapa teman yang juga berperhatian khusus pada persoalan pendidikan," ujar Jimmy tentang pendapat yang berkembang.

Pendapat itu, tambah Jimmy, tidak terlalu mengagetkan. "Bagi saya frasa "Merdeka Belajar" itu memang salah satu bentuk "rumusan". Dan rumusan semacam itu disebut Olivier Reboul, filosof pendidikan, sebagai "slogan", seperti yang dikemukakannya di buku yang berjudul "Le langage de l'éducation" (Bahasa pendidikan) (1984), " terang Jimmy.

Menurut Reboul, slogan salah satu cirinya  cenderung menyembunyikan dirinya sebagai slogan agar  tampak dan ditangkap yang lain.

"Dalam konteks inilah, diskusi yang diorganisir Forum Diskusi Pedagogik IKA UNJ tidak saja menarik tetapi penting bagi kita sebagai pendidik," kata Jimmy.

Rencananya Forum Diskusi Pedagogik IKA UNJ akan membahas topik tersebut dalam diskusi daring melalui aplikasi google meet pada Rabu, 15 April 2020,  dari pukul 13:00 WIB s.d. pukul 15:30 WIB.

Jimmy Philip Paat, D.E.A., adalah salah satu dari tiga orang narasumber yang dihadirkan oleh FDP IKA UNJ. Kedua pembicara lainnya, Nina Krisna Ramdhani, S.Pd., M.M., dan Guru SMA Labschool Rawamangun, Satriwan Salim, S.Pd.

Senada dengan Jimmy, FDP IKA UNJ berharap diskusi "Persoalan Guru Dalam Merdeka Belajar" bisa menjadi media diseminasi terus - menerus tentang hakikat makna frasa merdeka belajar sehingga slogan merdeka belajar bisa diejawantahkan dengan baik dan seluas mungkin, baik oleh para guru, dosen, maupun para orang tua murid.

Panitia mengundang para guru, dosen dan semua yang berminat, serta ingin mendalami pedagogik untuk mengikuti diskusi tanpa dipungut biaya.

Cara Menjadi Peserta

Untuk calon peserta yang belum terbiasa mengikut diskusi daring melalui aplikasi google meet, tidak perlu khawatir. Silahkan ikuti tips berikut ini:

1.    Peserta diskusi mendaftarkan diri dan menyerahkan alamat gmail kepada narahubung (sdr. Indra Gunawan, WA:+62 812-9590-1863).

2.    Pada saat waktu diskusi, peserta memastikan memakai salah satu perangkat (hp/laptop), dan memastikan ketersediaan internet (kuota/wifi) dengan baik.

3.    Setelah memastikan perangkat yang akan dipakai, ikuti petunjuk berikut:

A.    Jika peserta memakai HP, pastikan aplikasi Hangout Meet (google) sudah   

terinstal. Jika sudah terinstal, kemudian aplikasi sudah terbuka, cukup masukan link meeting url  yang dikirim narahubung  ke akun gmail masing-masing peserta. Langkah tersebut akan menghubungkan peserta   ke dalam diskusi daring FDP IKA UNJ.

B.    Jika peserta menggunakan leptop, peserta dapat membuka chrome dan   

kemudian meng-copy paste link meeting url.

Selamat menginstal aplikasi google meet dan  memasukkan link meeting url   yang dikirim narahubung.

 

 


News letter