Juri Ardiantoro: Kitab Ta’lim Muta’allim Penting Menjadi Rujukan Dalam Mendesain Sistem Pendidikan Indonesia.

Menarik sekali pertanyaan Pak Jimmy, “kira-kira ada nggak kitab ini di rak buku Mas Nadiem Makarim, ini ada nggak kitab ini,” kutip Juri Ardiantoro, Ketua Umum Ikatan Alumni UNJ atas pertanyaan Pegiat Sekolah Tanpa Batas, Jimmy Philip Paat, D.E.A.

Juri Ardiantoro mengutip pertanyaan tersebut dalam sambutan penutupan Webinar Reboan Forum Diskusi Pedagogik (FDP) IKA UNJ, Rabu, 26 Agustus 2020, sekitar pukul 16:00 WIB.

Kepada para narasumber, Alhamdulillah, terima kasih atas paparan, ilmu dan gagasan yang tadi disampaikan di forum ini.

“Ini pertanyaannya guyon tapi serius. Apakah para pengambil kebijakan di bidang pendidikan pernah bersinggungan dengan literatur, dengan buku-buku, yang mengajarkan mengenai bagaimana adab_akhlak ini di dalam sistem pendidikan kita,” ungkap Juri Ardiantoro tentang pentingnya para pengambil kebijakan pendidikan mengoleksi, dan mendalami isi Kitab Ta’lim Muta’allim.

Menurut Alumni Program Doktor Universitas Kebangsaan Malaysia ini, para pemangku kebijakan pendidikan mengenal, dan mendalami isi Kitab Ta’lim Muta’allim agar akhlak mendapat tempat utama dalam desain sistem pendidikan nasional.  “Ketika bicara tentang pendidikan, ketika mendesain sistem pendidikan ini tidak semata-mata bagaimana anak didik kita bisa menguasai science dan teknologi, tapi bagaimana adab, akhlak, mental, itu menjadi bagian penting pendidikan kita,” ujar Juri Ardiantoro.

Mudah-mudahan, tambah Juri, kegiatan diskusi reboan Forum Diskusi Pedagogik (FDP) IKA UNJ ini menjadi kunci bagi kita di dalam menyampaikan isu-isu penting di bidang pendidikan. Di penghujung closing statement-nya, Juri Ardiantoro mengucapkan terima kasih atas dukungan semua pihak atas kelancaran kegiatan diskusi FDP IKA UNJ.

“Sekali lagi terima kasih kepada para narasumber, dan bapak ibu yang sudah aktif dalam diskusi ini, terima kasih kepada Pak Rektor. Mudah-mudahan kegiatan diskusi bulanan Forum Diskusi Pedagogik menjadi kegiatan istiqomah dalam merawat pendidikan kita ! “ seru Juri Ardiantoro, Ketum IKA UNJ.

Webinar Reboan Pendidikan FDP IKA UNJ bertema “Kitab Ta’limul Muta’allim Dan Nilai-nilai Lokal Dalam Sistem Pendidikan Indonesia”, pada, Rabu, 26 Agustus 2020 berlangsung sukses. Sebelum Pidato Keynote Speaker Rektor UNJ Dr. Komarudin Sahid, M.Si., Ketua Umum Ikatan Alumni UNJ Juri Ardiantoro memberikan sambutan. Lalu usai sambutan, Pengasuh Pondok Pesantren Miftahul Ulum, Sumenep, K.H. D. Zawawi Imron mempresentasikan hasil telaahnya atas kitab tersebut, seraya membacakan tig puisi. Lalu berturut-turut, Dosen Bahasa Perancis UNJ, dan Praktisi Sekolah Tanpa Batas Jimmy Philip Paat, dan Pengasuh Pondok Pesantren Al-Islahiyah, Malang, Jawa Timur, Dra. Hj. Anisah Mahfudz, M.AP.

 

News letter